Pseudocrater di Islandia dan di Mars

Sebuah pseudocrater akan tampak seperti kawah gunung berapi, namun sebenarnya bukan. Bentang alam khas ini tercipta ketika aliran lava panas melintas di atas permukaan yang basah, seperti rawa, danau, atau kolam, menyebabkan ledakan uap melalui lava. Ledakan gas-gas ini menerobos permukaan lava dengan cara yang mirip dengan letusan freatik, dan puing-puing yang dilemparkan membangun fitur seperti kawah yang dapat muncul sangat mirip dengan kawah gunung berapi yang nyata.



Pseudocraters juga dikenal sebagai rootless cones atau kerucut tak berakar, karena mereka tidak memiliki saluran magma yang menghubungkan mereka dengan dapur magma di bawah permukaan bumi.


Sebuah wilayah klasik untuk pseudocraters adalah wilayah Danau Myvatn di Islandia utara yang dibentuk 2.300 tahun yang lalu oleh letusan lava basaltik. Lava mengalir menuruni Laxárdalur Valley ke dataran rendah Aðaldalur di mana ia masuk Samudra Arktik sekitar 50 km jauhnya dari Mývatn. Ada sebuah danau besar di daerah tersebut pada saat itu, prekursor dari danau Mývatn saaat ini. Ketika lava bersinar ditemui danau beberapa sedimen danau bercampur air terjebak di bawahnya. Ledakan uap yang terjadi kemudian merobek lava menjadi potongan-potongan kecil yang dilempar ke udara, bersama-sama dengan beberapa endapan danau.


Dengan adanya ledakan yang berulang-ulang  di sejumlah lokasi, sekelompok bentuk mirip kawah tercipta dan sekarang mendominasi pemandangan di tepi Danau Mývatn dan juga membentuk beberapa pulau di danau. Pseudocraters Myvatn terjadi pada beberapa kelompok di sekitar danau dan pulau-pulau di dalam danau. Sekelompok kawah tersebut di Skútustaðir di pantai selatan danau dilindungi sebagai monumen alam dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Kelompok pseudocrater lain di bidang lava ini berada di Laxárdalur Valley dan di distrik Alftaver.










PSEUDOCRATER DI MARS
Pseudocraters telah diusulkan sebagai penjelasan untuk beberapa kawah yang luas tapi dangkal di dataran rendah utara Mars sejak misi Viking orbiter pada 1970-an, tetapi gambar-gambar yang diperoleh Viking resolusinya cukup rendah sehingga dianggap belum bisa memberikan bukti definitif bahwa mekanisme pseudocrater adalah penjelasan terbaik. Resolusi yang luar biasa baru tersedia dari High Resolution Imaging Science Experiment  ( HiRISE 2007) telah mengungkapkan bukti yang memperkuat interpretasi bahwa kawah-kawah dangkal di dataran rendah utara Mars adalah Pseudocrater, khususnya dimana garis kawah yang berdekatan memberikan bukti arah gerakan dari aliran lava di atas sumber volatile yang menghasilkan ledakan uap. Gambar HiRISE sekarang menunjukkan keselarasan pseudocrater-pseudocrater secara rinci dan indah.

Gambar ini menampilkan keselarasan kawah-kawah dangkal yang mengindikasikan arah gerakan dari aliran lava diatas sumber volatile yang menghasilkan ledakan yang menciptakan kawah-kawah tersebut.

Menampilkan barisan pseudocrater yang serupa dengan yang ditampilkan pada gambar sebelumnya

Gambar ini menunjukkan lebih detail pada salah satu psuedocrater di Mars

Tentu ini adalah salah satu bukti bahwa permukaan planet Mars dahulu pernah ada air cair.

Posting Komentar