Jalur Kereta Api yang Mengelilingi Kota Paris

Melingkar di dalam dinding kota Paris adalah jalur kereta api yang tak terpakai yang pernah menghubungkan lima jalur kereta api utama kota itu. Selesai pada tahun 1852, Chemin de fer de Petite ceinture sebagian telah ditinggalkan sejak tahun 1934 dan benar-benar ditinggalkan seluruhnya selama beberapa tahun terakhir. Trek dan beberapa stasiun tetap utuh, meskipun masa depannya masih menjadi perdebatan hingga saat ini.



Chemin de fer de Petite ceinture yang berarti "Sabuk Jalan Kereta Api Kecil", mulai dibangun tahun 1848 sebagai sarana pengangkutan pasukanyang tersebar di sekitar benteng utama kota. Pada saat revolusi terjadi di Perancis dan di seluruh Eropa, militer menjadi semakin bergantung pada jaringan kereta api yang saat itu berkembang.


Rel-rel kereta api Perancis awalnya membentang menuju keluar kota Paris seperti jari-jari roda. Lima perusahaan bersaing memonopoli rute, masing-masing enggan untuk membangun koneksi dengan jalur saingan. Akibatnya, penumpang harus naik ke Paris untuk berganti kereta sebelum menuju ke tujuan akhir mereka.



Kondisi tersebut membuat frustasi terutama bagi militer Perancis, dan Chemin de fer de Petite ceinture adalah usaha untuk mengatasi masalah tersebut. Maka dibangunlah jalur melingkar yang menghubungkan stasiun-stasiun yang ada dengan stasiun utama kota.


Setelah tahun-tahun berlalu, penumpangpun berangsur-angsur menurun dan jalur ini sebagian besar ditutup antara tahun 1924 dan 1934. Hanya satu cabang (Ligne d' Auteuil) yang tetap digunakan dan ditenagai listrik pada tahun 1925. Inipuni akhirnya ditutup 60 tahun kemudian . . Jalur ini kemudian jarang digunakan dan sekarang benar-benar ditinggalkan.


Masa depan Chemin de fer de Petite ceinture masih belum jelas. Proposal untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api ini sebagai bagian dari trem (dikenal sebagai Jalur 3) tidak membuahkan hasil, dan penggemar kereta api telah melobi untuk melindungi jalur kereta api ini dan stasiun yang tersisa sebagai bagian dari warisan nasional Perancis.


Tidak seperti negara-negara lain - seperti Inggris - di mana ribuan mil infrastruktur rel kereta api yang tidak digunakan telah dicabut pada tahun 1960an, jalan kereta api Perancis ini sering diganti dengan besi yang lebih baru. Jadi kenyataannya adalah, meskipun Chemin de fer de Petite ceinture mungkin tidak diperlukan, tetapi ini merupakan bagian penting dari sejarah Paris yang menarik bagi khalayak yang lebih luas daripada sekadar penjelajah perkotaan.



Posting Komentar